Minggu, 15 Mei 2016

Misteri Gunung Maras di pulau Bangka

 



 Maras letaknya di pulau bangka. Tepatnya di desa rambang kecamatan riau silip kabupaten bangka
(tahun 2014 ). Untuk menempuh gunung maras dari pusat kota pangkalpinang dibutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dengan jarak kurang lebih 75 km menggunakan kendaraan bermotor.

Kebanyakan masyarakat pulau bangka dan pengunjung yang datang gunung maras mengatakan gunung maras merupakan sebuah gunung. Namun jika dilihat dari data ketinggian gunung maras mencapat 699 meter dari permukaan laut, gunung maras belum bisa dikatakan sebagai sebuah gunung.

Gunung maras berupa deretan perbukitan yang tertinggi dari bukit yang lain (bukit nangka, bukit terang, bukit tambun tulang, bukit perayun dan bukit maras itu sendiri)
Keindahan alam bukit maras yang masih asri menarik hati berbagai pengunjung dari dalam dan luar pulau bangka. Udara yang segar dan sejuk, pepohonan yang masih rindang dan lebat, kicauan burung, serta pesona alam lainnya yang terdapat di gunung maras.

Dari pesona alam begitu indahnya yang terdapat di gunung maras, ternyata memiliki cerita yang dianggap kebanyakan orang sebagai cerita misteri hingga saat ini. Cerita misteri itu antara lain adalah tentang "buluh perindu" Maras merupakan kawasan hutan konservasi seluas 3.235 hektar. Menurut penduduk, ada dua gunung di kawasan tersebut, Maras dan Tambun Tulang. Dari cerita orang tua, kalau naik ke Tambun Tulang tak bisa pulang.

Di sana konon kabarnya terdapat tumpukan tulang. Legenda Aur Perindu melegenda. Bunyinya yang merdu mampu membuai sukma hingga enggan pulang. Akibatnya ruh tercabut perlahan-lahan. .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar